Mengenal Kopi (Coffee)

Picture from http://www.bio-synergy.uk


Apakah Anda suka minum kopi? Kopi sering dikonsumsi saat kumpul bersama rekan kerja, teman, sahabat dan keluarga, bahkan kopi juga sudah mulai banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk perawatan kecantikan serta banyaknya artikel mengenai manfaat kopi bagi kesehatan. Tapi tahukan Anda bahwa kopi yang Anda minum itu sebenarnya jenis apa dan berasal dari mana? Mau tahu lebih lanjut mengenai kopi? Yuk baca artikel ini.
Kopi merupakan salah satu komoditas penghasil devisa terbesar ke empat di sektor non-migas Indonesia. Kopi asal Indonesia memang sudah lumayan terkenal di kancah mancanegara sebagai salah satu kopi ternikmat di dunia.
Menurut Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor49/Permentan/OT.140/4/2014 tentang Pedoman Teknis Budidaya Kopi yang Baik (Good Agriculture Practices/GAP on Coffee dikatakan bahwa Indonesia menghasilkan tiga jenis kopi berturut-turut berdasarkan volume produksinya yaitu Robusta, Arabika, dan Liberika.
Saat ini data dari Pusat Data dan Informasi Pertanian Kementerian Pertanian menunjukkan bahwa luas areal tanam kopi tahun 2013 seluas 1,241,836 hektar dengan total produksi 675,915 ton.
 
Klasifikasi Tanaman Kopi

Kingdom       : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom     : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi     : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi          : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas          : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas       : Asteridae
Ordo          : Rubiales
Famili          : Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus         : Coffea
Spesies        : Coffea arabica L

Comments

Popular Posts